PRAK 02 - CAMERA PATH, LIGHTING, AND MATERIAL

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D

3. Bahan


4. Dasar Teori

Motion Guide
Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang digunakan untuk membuat animasi motion tween bergerak sesuai jalur (guide) yang telah kita buat. Hasil animasi motion guide ini selain halus (karena motion tween) juga lebih teratur karena animasi bergerak sesuai jalur yang kita buat.[1]
Camera Path
Camera path pada Cinema 4D merupakan jalur yang akan dilewati oleh kamera dalam mengambil gambar. Dalam praktikum ini jalur yang digunakan adalah Arc yang berbentuk seperempat lingkaran, maka kamera akan bergerak sesuai bentuk dari jalur tadi yaitu seperempat lingkaran.
Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah sebuah background yang menggambarkan menggambarkan warna dari langit. Dengan physical sky kita dapat mengatur waktu (jam) sesuai kondisi langit yang kita inginkan. Pada physical sky juga terdapat pengaturan untuk menampilkan bulan, awan, dan bintang. Area light adalah lampu yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada objek yang kita inginkan.

Material
Material adalah suatu unsur yang digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari sebuah objek yang kita buat. Misalnya adalah sebuah warna. Warna tersebut dapat kita sesuaikan detailnya agar mendapatkan material yang kita inginkan. Setelah mendapatkan warna dengan detail yang sesuai maka material tersebut dapat kita drag and drop ke objek yang ingin kita beri warna.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

7. Hasil Praktikum

Screen recording Camera Path

Hasil render Camera Path

Screen recording Physical Sky

Hasil render Physical Sky

Screen recording Area Light

Hasil render Area Light

Screen Recording Material

Hasil render material

8. Kesimpulan

Kesulitan yang saya alami terletak diawal praktikum yaitu anchor point dari logo terletak dibawah logo. Setelah itu saya coba mencari solusinya melalui internet. Dari referensi yang saya dapat, masalah tersebut dapat terselesaikan dan anchor point dapat disesuaikan (dalam hal ini anchor point berada ditengah logo). 
Berikut adalah solusi untuk merubah anchor point :







https://forums.creativecow.net/docs/forums/post.php?forumid=19&postid=292065&univpostid=292065&pview=t&archive=T

9. Referensi

  1. Motion Guide, http://warungflash.com/2009/01/motion-guide/ [online]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRAK 02 - CAMERA PATH, LIGHTING, AND MATERIAL"

Post a Comment