PRAK 06 - MENDEPLOY DI FIREBASE

1. Judul
Firebase

2. Tujuan
Mencoba mendeploy di Firebase Hosting.

3. Alat dan Bahan
Google
Command Prompt 

4. Dasar Teori
Firebase Hosting adalah layanan hosting konten web yang berkelas produksi untuk developer. Hanya dengan satu perintah, Anda dapat menerapkan aplikasi web serta menyajikan konten dinamis dan statis ke jaringan penayangan konten (CDN) global dengan cepat dan mudah.

Firebase Hosting dibuat untuk developer web modern. Dengan hadirnya framework JavaScript front-end seperti Angular dan fitur generator statis seperti Jekyll, situs dan aplikasi kini jadi lebih tangguh daripada sebelumnya. Jika Anda menerapkan halaman landing aplikasi yang sederhana atau Progressive Web App (PWA) yang kompleks, Hosting menyediakan infrastruktur, fitur, dan rangkaian sarana yang disesuaikan untuk menerapkan serta mengelola situs dan aplikasi.
Hosting menambahkan subdomain ke project Anda di domain firebaseapp.com. Dengan Firebase CLI, Anda dapat menerapkan file dari direktori lokal di komputer Anda ke server Hosting. Selain menyajikan konten statis, Anda dapat menggunakan Cloud Functions for Firebase untuk menyajikan konten dinamis di situs Anda. Semua konten disajikan melalui koneksi SSL dari server edge terdekat di CDN global kami.

Selain hosting konten, Firebase Hosting menawarkan opsi konfigurasi hosting yang ringan kepada Anda untuk membuat Progressive Web App yang canggih. Anda dapat menulis ulang URL untuk perutean sisi klien atau menyiapkan header kustom dengan mudah.
Setelah situs siap untuk tahap produksi, hubungkan nama domain Anda ke Firebase Hosting. Kami memberikan sertifikat SSL untuk domain Anda secara otomatis, sehingga konten Anda disajikan dengan aman. [1]

5. Tugas Praktikum
Mencoba mendeploy di Firebase Hosting.

6. Hasil Praktikum
Dalam percobaan ini kami mencoba untuk mendeploy sebuah tulisan “Hello world” pada firebase hosting. Langkahnya adalah dengan login firebase di cmd, kemudian menginisialisasi situs, memilih direktori root publik, kemudian menerapkan situs atau deploy.

Login firebase di CMD

Berhasil deploy di web melalui firebase

7.      Kesimpulan        :
            Dalam praktikum ini, saya melakukan proses deploy di firebase hosting. Setelah berhasil mengikuti langkah-langkah hingga root publik. Saya sedikit kebingungan tentang bagaimana cara untuk mendeploy suatu file ke firebase. Kemudian saya mencari file atau folder letak directory dalam komputer saya. Dan kemudian saya coba deploy dan berhasil.

8.      Referensi :                  :
1. https://firebase.google.com/docs/hosting/?hl=id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRAK 06 - MENDEPLOY DI FIREBASE"

Post a Comment