RANGKAIAN SERI

PERCOBAAN 1

A. Judul   : Rangkaian Seri

B. Tujuan :
     - Mahasiswa dapat memahami dan terampil dalam merangkai rangkaian seri di breadboard.
     - Mahasiswa mampu memahami dan menghitung besar arus yang mengalir pada rangkaian seri.

C. Dasar Teori
          Rangkaian seri adalah sebuah rangkaian yang menggabungkan 2 atau lebih resistor yang disusun secara berderet. Nilai hambatan totalnya lebih besar karena nilai hambatan totalnya merupakan hasil penjumlahan dari semua resistor pembentuknya.

          Dari gambar 1.1 diatas, Rtotal bisa diperoleh dari menjumlahkan R1, R2, dan R3 atau dapat ditulis dengan Rtotal = R1+R2+R3.
          Cara kerja dari rangkaian seri yaitu dengan membagi arus yang dihasilkan komponen lain. Apabila 3 komponen disusun secara seri, maka tegangan yang diterima komponen kedua merupakan tagangan yang dihasilkan komponen pertama, dan tegangan dari hasil komponen kedua akan dibagi ke komponen ketiga. Dengan rangkaian seri dapat mengurangi pemakaian tegangan karena 3 komponen tersebut terhitung 1 komponen saja.
Kelebihan : Lebih banyak menghemat daya yang dikeluarkan sumber, pengerjaan singkat, tidak                               memerlukan banyak penghubung.
Kekurangan : Menurunkan fungsi dari komponen itu sendiri karena tegangan yang diterima harus                              dibagi dengan komponen lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RANGKAIAN SERI"

Post a Comment