PRAK 04 - MENIRU SEBUAH ANIMASI LOGO

1. Judul

Meniru Sebuah Animasi Logo

2. Tujuan 
Belajar membuat animasi logo dari yang sudah ada

3. Alat 
- Laptop
- Adobe After Effect CC 2015

4. Bahan
- Video asli animasi komersial starbucks


5. Dasar Teori
  Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
   Logo merupakan sebuah simbol yang dirancang untuk mewakili karakter dan menjadi identitas dari sebuah perusahaan. Logo merupakan bentuk ekspresi dan bentuk visual dari konsepsi perusahaan, produk, organisasi, maupun institusi serta merupakan simbol visual yang memiliki bentuk yang berasal dari nilai strategis perusahaan yang bersangkutan. Pengertian logo menurut Jefkins, (1995:367) logo ialah ; “Logo adalah presentasi, sosok atau penampilan visual yang senantiasa dikaitkan dengan organisasi tertentu sebagai bentuk identitas dan bagian identitas perusahaan”. Sebagai bagian identitas perusahaan, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan. Dari sisi pemasaran, logo mempunyai fungsi pembeda produk dengan produk lainnya. Menurut pakar corporate identity David E. Carter dalam buku ”Pengantar Desain Komunikasi Visual” (Kusrianto, 2007) setidaknya logo perusahaan harus memiliki karakter tertentu, menyangkut ; Original dan Destinctive, Legible,Simple, Memorable, Easly associated with the company, dan Easly adaptable for all grhapic media yang mudah di aplikasikan ke berbagai media, untuk menghindari kesulitan dalam penerapan. 

6. Tugas Praktikum 
Remake animasi logo official

7. Hasil Praktikum

- video asli


- video hasil praktikum







8. Kesimpulan
Pada Praktikum kali ini saya membuat remake animasi logo dari official logo starbucks dengan menggunakan Adobe After Effect CC 2015. Dari hasil praktikum yang saya buat sudah hampir menyamai animasi logo dari offcial satbucks. Namun masih  terdapat kekurangan seperti tata letak shape, warna, timing yang tidak sama persis, juga belum adanya efek suara yang mendukung pada remake animasi logo hasil praktikum saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRAK 04 - MENIRU SEBUAH ANIMASI LOGO"

Post a Comment