PRAK 03 - SECONDARY ASSETS, LOGO, MOVEMENT, F-CURVES

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat

Maxon Cinema 4D

3. Bahan


4. Dasar Teori

Secondary Asset

Secondary asset adalah aset kedua (aset tambahan) selain aset utama. Aset ini berfungsi untuk menambahkan objek yang kita animasikan agar tidak terlihat polos. Secondary asset juga berfungsi untuk mengisi ruang yang kosong.

F-Curve

Di bidang animasi komputer dan terutama di editor animasi, misalnya Maya , sebuah FCurve adalah kurva animasi dengan seperangkat keyframe , yang digambarkan sebagai titik, segmen kurva antara kunci, dan garis singgung yang mengontrol bagaimana segmen kurva masuk dan keluar dari kunci. . Kunci ini diletakkan pada grafik yang menampilkan posisi mereka relatif terhadap nol. Seseorang dapat memiliki kunci yang memiliki nilai positif atau negatif.[1]

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut :
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum

http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/


7. Hasil Praktikum

Screen Recording Helix Path and Corner


Hasil Render Helix Path and Corner


Screen Recording Menambah Kompleksitas Gerakan

Hasil Render Menambah Kompleksitas Gerakan


Screen Recording F-Curve


Hasil Render F-Curve

8. Kesimpulan

Render pada praktikum ini lebih lama dari praktikum sebelumnya, hal ini diakibatkan oleh cloning dari secondary asset yang banyak yaitu 75 buah.
9. Referensi

1. https://en.wikipedia.org/wiki/FCurve

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRAK 03 - SECONDARY ASSETS, LOGO, MOVEMENT, F-CURVES"

Post a Comment