1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Maxon Cinema 4D
3. Bahan
4. Dasar Teori
Secondary Asset
Secondary asset adalah aset kedua (aset tambahan) selain aset utama. Aset ini berfungsi untuk menambahkan objek yang kita animasikan agar tidak terlihat polos. Secondary asset juga berfungsi untuk mengisi ruang yang kosong.F-Curve
Di bidang animasi komputer dan terutama di editor animasi, misalnya Maya , sebuah FCurve adalah kurva animasi dengan seperangkat keyframe , yang digambarkan sebagai titik, segmen kurva antara kunci, dan garis singgung yang mengontrol bagaimana segmen kurva masuk dan keluar dari kunci. . Kunci ini diletakkan pada grafik yang menampilkan posisi mereka relatif terhadap nol. Seseorang dapat memiliki kunci yang memiliki nilai positif atau negatif.[1]
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut :
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
7. Hasil Praktikum
Screen Recording Helix Path and Corner
Hasil Render Helix Path and Corner
Screen Recording Menambah Kompleksitas Gerakan
Hasil Render Menambah Kompleksitas Gerakan
Screen Recording F-Curve
Hasil Render F-Curve
8. Kesimpulan
Render pada praktikum ini lebih lama dari praktikum sebelumnya, hal ini diakibatkan oleh cloning dari secondary asset yang banyak yaitu 75 buah.
9. Referensi
1. https://en.wikipedia.org/wiki/FCurve
0 Response to "PRAK 03 - SECONDARY ASSETS, LOGO, MOVEMENT, F-CURVES"
Post a Comment